JAKARTA, KataIndonesia.com – Dalam rangka menyikapi penetapan harga batubara DMO yang belum kunjung terealisasi, FPEM (Forum Pengembangan Ekonomi Masyarakat) gelar diskusi publik.

Acara yang bertemakan “Menyikapi Penetapan Harga Batubara DMO Bagi Tarif Listrik Wajar”, itu diselenggarakan di Hotel Akmani, Jakarta Pusat, pada 21 Februari, 2018. Dari pukul 09.00 hingga pukul 12.00 Siang.

Diskusi yang di hadiri oleh beberapa pakar dan selaku narasumber, diantaranya adalah Sunarsip sebagai Founder and Principal The Indonesia Economic Intelligence, Fahmi Radhi sebagai anggota Dewan Energi Nasional, dan Marwan Batubara selaku Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies.

Pada kesempatan itu Sunarsip mengatakan, dengan naiknya harga batubara internasional pemerintah harus segera mengambil keputusan cepat untuk menyesuaikan dengan daya beli batubara oleh PLN.

“Pemerintah harus bergerak cepat untuk menyesuaikan tarif harga batubara yang sekiranya mampu di beli oleh PLN, jika tidak ada kemungkinan bisa saja PLN terjadi collapse,” jelasnya.

Lalu Fahmi mengusulkan, dalam penetapan harga jika menggunakan metode atas bawah.

“Saya kira metode harga atas bawah cukup ideal, melihat harga batubara yang fluktuatif dan dapat menguntungkan kedua belah pihak baik pemerintah dan swasta, serta berasaskan gotong royong. Untuk harga batas bawah USD 55 per metrik ton dan harga batas atas USD 65 per metrik ton,” usul Fahmi.

Selain itu Marwan Batubara ikut menjelaskan, bahwa kita harus mengembalikan sumber daya alam ini yang merupakan milik negera melalui BUMN yaitu PLN.

“Kita harus mengembalikan sumber daya alam ini yang merupakan milik negera melalui BUMN yaitu PLN, jangan biarkan swasta memilikinya demi kepentingan pribadi, mereka hanya memiliki hak mengelola tidak memiliki, oleh karena itu pemerintah harus berani tegas menentukan harga yang menguntungkan bagi negara,” Jelasnya.

 

LAPORAN: FAJRIN HAKIM

SHARE
Previous articlePPP Usulkan Cawapres Jokowi dari Kalangan Santri
Next articleOrang Tidak Jelas di Masjid Jami Daarul Hasan Siaga Pejaten
Kata Indonesia
Kata Indonesia (kataindonesia.com) adalah sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, Kata Indonesia hanya mempunyai edisi daring yang berusaha menjadi salah satu situs berita yang penyajiannya fokus untuk informasi-informasi positif. Situs berita ini, menyediakan berbagai macam berita yang terjadi baik itu berita lokal, nasional, hingga internasional secara aktual.