PLN UIP JBT I Serahkan Bantuan Infrastruktur Senilai Rp 49 Milyar Kepada Pemerintah Kabupaten Bandung Barat

0

BANDUNG, KataIndonesia.com – PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I (UIP JBT I) serahkan bantuan infrastruktur PLTA Upper Cisokan yang terdiri dari Masjid Besar, Islamic Center dan Gedung KUA Kecamatan Cipongkor, Selasa (16/10). Berlangsung di Kantor Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, bantuan diserahkan secara simbolis oleh PLT General Manager PLN UIP JBT I, A Daryanto Ariyadi kepada Bupati Kabupaten Bandung Barat, AA Umbara Sutisna.

Daryanto menyampaikan, bantuan infrastruktur PLTA Upper Cisokan merupakan bentuk komitmen PLN dalam pengembangan daerah dan memberikan dampak positif secara langsung bagi masyarakat di sekitar lokasi proyek.

“Bantuan infrastruktur PLN atas pembangunan PLTA Upper Cisokan ini adalah bentuk nyata PLN membangun dan mengembangkan masyarakat di sekitar lokasi proyek,” ujar Daryanto.

Selain bantuan infrastruktur Masjid Besar, Islamic Center dan Kantor KUA Kecamatan Cipongkor, PLN UIP JBT I juga menyerahkan bantuan lain berupa peningkatan dan rehabilitasi jalan, pemanfaatan fisik penanganan bencana alam Kampung Saar Hilir, Kecamatan Cililin, Pembangunan Musholla di SMPN 1, SMPN 2, SMAN 1 dan SMKN 1 Kecamatan Rongga serta Pembangunan SD Cipiring Kecamatan Cicadas. Total bantuan ini senilai Rp 49.439.803.024.

Selain pemberian bantuan infrastruktur, PLN UIP JBT I berkomitmen memberikan berbagai bantuan lain bagi masyarakat di sekitar lokasi proyek PLTA Upper Cisokan. Program – program yang telah dilaksanakan di antaranya:

1. Pemberian bantuan biaya transisi dan biaya pindah bagi Warga Terkena Proyek (WTP);

2. Pemberian bantuan biaya stimulan yang dikelola oleh koperasi yang beranggotakan WTP;

3. Bantuan fasilitas umum dan sosial di lokasi pemukiman kembali berkelompok;

4. Program CSR

Daryanto berharap, niat baik PLN dapat diterima masyarakat Kabupaten Bandung Barat, khususnya di sekitar lokasi proyek PLTA Upper Cisokan.

“Mudah – mudahan hal ini dapat mempererat hubungan PLN dengan pemerintah dan warga Kabupaten Bandung Barat. Kami juga berharap, pembangunan PLTA Upper Cisokan dapat berjalan lancar, sehingga dapat meningkatkan ketahanan energi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bandung Barat,” papar Daryanto.

 

LAPORAN: RENDY DWI SAPUTRA

Advertisement