Aditya Pradana Putra/Republika PKB Optimistis Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar memberikan keterangan pers terkait hasil sementara Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2014 di Jakarta, Kamis (10/4). Meskipun hasil penghitungan suara KPU belum selesai, PKB optimistis meraih suara minimal sepuluh persen. Saat ini PKB mulai menjajaki koalisi dengan sejumlah partai politik yang masih enggan mereka umumkan.

JAKARTA, KataIndonesia.com – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar menyebutkan bahwa dukungan terhadap Muhaimin Iskandar dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mulai bermunculan di Jawa Timur.

“Kalau di beberapa titik sudah banyak mulai dari Lamongan, Malang, Gresik, Ponorogo dan Nganjuk. Berawal dari dikukuhkannya Cak Imin sebagai panglima santri di Pasuruan,” katanya pada Selasa (5/12/2017).

Menurut dia, aspirasi tersebut merupakan dinamika politik yang layak diapresiasi.

“Kita lihat saja bagaimana dinamika ini berkembang, Kalau memang berpeluang mengapa tidak,” katanya lagi.

Halim menyebutkan, sejauh ini belum ada keputusan resmi dari partainya untuk mendukung sang ketua umum sebagai calon Presiden atau calon wakil Presiden pada Pilpres tahun 2019.

PKB sendiri masih mengukur sejauh mana aspirasi itu berkembang, sebelum memutuskan secara resmi.
“Struktur partai belum diperintah. Yang muncul itu masih alami dari masyarakat,” tambahnya.

PKB sendiri akan bergerak pada tahun depan untuk memutuskan arah dukungan di Pilpres 2019. Jika arus dukungan terhadap Muhaimin itu menguat, maka PKB akan mendorongnya melalui keputusan resmi partai.

“Kalau masyarakat berkeinginan maka partai akan bergerak,” pungkasnya.

Seperti diketahui, dukungan terhadap Muhaimin untuk menjadi Cawapres mulai bermunculan di beberapa daerah. Bahkan, di beberapa lokasi spanduk Cak Imin Cawapres sudah bertebaran.

Beberapa waktu lalu, nelayan Delegan Gresik melarung (melepaskan) spanduk Muhaimin Cawapres sebagai bentuk dukungan.

LAPORAN: RIZKY ALVIN