Pengantin Baru Harus Tahu, Ada Kondom Khusus Perempuan

0

JAKARTA, KataIndonesia.com – Berbagai alat kontrasepsitersedia untuk pasangan suami istri yang ingin menunda kehamilan. Ada yang berupa hormonal ada juga yang non hormonal.

Alat kontrasepsi hormonal biasanya dimasukkan melalui suntikan, pil, atau juga kontrasepsi non hormonal seperti spiral dan juga kondom.

Selama ini, kondom dikenal sebagai alat kontrasepsi yang paling mudah didapat dan juga paling terjangkau. Kondom biasanya dipakai oleh laki-laki, untuk mencegah sperma masuk dan membuahi sel telur.

Namun, ternyata kondom juga ada yang khusus dibuat untuk perempuan. Mayo Clinic menulis, kondom perempuan lebih besar ukurannya.

Juga, memiliki dua sisi. Sisi yang satunya tak memiliki lubang seperti ujung kondom untuk laki-laki, namun permukannya datar seperti tutup tabung. Sementara, ada ring satunya lagi dengan lubang yang berfungsi sebagai lubang masuknya penis suami.

Kondom perempuan ini memiliki 2 jenis. FC1, yaitu yang terbuat dari plastik. FC1 ini kini sudah tak lagi diproduksi. Sementara FC2, terbuat dari lateks sintetis yang aman dipakai oleh perempuan yang memiliki alergi karet lateks.

SUMBER: BINTANG.COM

Advertisement