Pemerintah Resmi Menghentikan Liga Indonesia Selama Dua Pekan

0

JAKARTA, KataIndonesia.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) secara resmi menghentikan Liga Indonesia. Penghentian ini terkait dengan tewasnya pendukung Persija Jakarta Haringga Sirla sebelum laga klasik Persib Bandung kontra Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9/2018).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi di hadapan media mengumumkan penghentian kompetisi terbesar di Indonesia itu.

”Kejadian ini bukan lagi tragedi sepakbola, tetapi nasional. Atas kejadian ini, kami sebagai pemerintah memutuskan untuk menghentikan sementara Liga Indonesia selama dua pekan,” ucap Imam Nahrawi di Kemenpora, Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Advertisement

“Hal ini dilakukan sebagai bentuk  penghormatan kepada korban. Selain itu, selama liga diberhentikan, kami akan melakukan evaluasi besar dan melihat langkah-langkah yang diambil PSSI sebagai pemegang tanggung jawab,” tambah Imam.

Pada saat rehat, Imam pun meminta PSSI sebagai federasi juga melakukan upaya-upaya edukasi sekaligus melaksanakan regulasi yang telah dijabarkan dalam statuta FIFA, AFC, maupun statuta PSSI sendiri. Terutama terkait hubungan mutualisme simbiosis antara suporter dan klub, dan diakukan bersama-sama secara profesional serta bermartabat.

“Karena jangan sampai persatuan nasional yang telah digaungkan selama ini terancam gara-gara Liga kita yang belum bermartabat dan profesional. Mengingat saat ini ada pejuang-pejuang sepakbola Indonesia di Timnas U-16 dan U-19 yang sedang bertanding dengan hasil yang menggembirakan,” ujarnya mengimbuhkan.

Pemerintah kedepannya juga akan evaluasi langkah-langkah konkrit apa yang akan diambil oleh federasi. Karena hal itu, menurutnya merupakan tanggung jawab PSSI sebagai federasi sepakbola Indonesia untuk membuat keputusan tersebut.

“Jadi ini juga momen bagi kami melihat apakah ada perubahan yang mendasar untuk melihat di masa-masa yang akan datang,” tuturnya.

 

LAPORAN: ARIEF KUMALA

Advertisement