Mantan Sekjen PBB Kofi Annan Meninggal Dunia di Usia 80 Tahun

16

JAKARTA, KataIndonesia.com – Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Kofi Annan meninggal dunia di usia 80 tahun. Annan meninggal dunia setelah menderita sakit.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (18/8/2018), kabar kepergian Annan ini disampaikan oleh pihak Kofi Annan Foundation.

“Dengan kesedihan mendalam, keluarga Annan dan Kofi Annan Foundation mengumumkan bahwa Kofi Annan, mantan Sekretaris Jenderal PBB dan Penerima Nobel Perdamaian, meninggal dunia dengan damai pada Sabtu, 18 Agustus, setelah menderita sakit,” demikian pernyataan pihak yayasan.

Advertisement

Dalam keterangan tertulis Badan Migrasi PBB, Annan meninggal akibat terkena penyakit. Di saat terakhir, dia didampingi istrinya Nane, dan tiga anaknya, Ama, Kojo, dan Nina.

Annan menjabat sebagai sekjen ketujuh PBB pada periode 1 Januari 1997 hingga 31 Desember 2006 sebelum digantikan Ban Ki-moon.

Setelah itu, dia menempati posisi sebagai Utusan PBB dan Liga Arab untuk Suriah pada 23 Februari hingga 31 Agustus 2012.

Pada 2001, dia dianugerahi penghargaan Nobel Perdamaian bersama PBB karena usaha keras mereka dalam menciptakan perdamaian dunia.

Info Lomba Terbaru