Manajer Pemasaran Media Sosial Diramal Jadi Posisi Paling Dicari di 2019

0

JAKARTA, KataIndonesia.com – Robert Walters, telah melakukan survei gaji di 2019. Perusahaan spesialis rekrutmen profesional global itu mencatat kenaikan gaji yang paling besar terjadi di perusahaan e-commerce.

Country Manager Robert Walters di Indonesia, Eric Mary mengatakan, kenaikan gaji untuk karyawan di perusahaan e-commerce di Indonesia tahun ini saja rata-rata sekitar 50%. Hal itu seiring dengan perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia yang begitu masif.

“Itu berdasarkan offer and demand. Kita tahu e-commerce di sini sangat besar seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Blibli. Itu semua bukan perusahaan kecil,” ujarnya di WTC 1, Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Eric menambahkan, penyebab lainnya karena klasifikasi kandidat yang dibutuhkan oleh perusahaan e-commerce di Indonesia masih sedikit. Sehingga terjadi perebutan kandidat di perusahaan e-commerce.

“Sangat besar permintaannya tapi sangat sedikit suplaynya. Jadi kandidatnya langka. Ya seperti berlian ataupun perhiasan lainnya semakin langka semakin mahal,” ujarnya.

Tren kenaikan gaji itu diprediksi masih akan berlanjut di tahun depan. Namun trennya akan menurun seiring dengan suplay kandidat yang semakin bertambah.

Dari klien yang dimiliki Robert Walters yang kebanyakan merupakan perusahaan multinasional juga rata-rata mencari kandidat yang bisa berbahasa ganda minimal fasih berbahasa Inggris.

Robert Walters juga mencatat muncul beberapa pekerjaan baru di mayoritas perusahaan. Salah satunya manajer pemasaran sosial media. Hal itu seiring dengan gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini yang gemar berinteraksi di media sosial.

“Coba lihat 10 tahun lalu belum ada posisi itu. Hari ini semua mencarinya. Tapi apakah ada stocknya? Belum banyak. Ini menjadi peluang baru,” tambah Eric.

Laporan: Fajrin Hakim