Lakukan Lima Langkah Ini Agar Shalat Kita Tidak ‘Bolong-bolong’

0

KATAINDONESIA.COM – Sebagai umat muslim mengerjakan shalat 5 waktu adalah hal pokok dan wajib dikerjakan meski dalam keadaan apapun baik sehat maupun sakit.

Namun meskipun salat termasuk ibadah wajib, masih ada saja orang-orang yang sering tidak melaksanakannya dengan berbagai alasan, dan salah satunya adalah malas. Padahal sudah jelas bahwa bagi siapa saja yang meninggalkan salat, akan mendapat dosa.

Bila selama ini kalian sudah berusaha untuk melakukan salat lima waktu namun sering sekali terbentur rasa malas yang sulit dihilangkan, berikut ada lima langkah yang bisa diterapkan agar menjalankan ibadah sholat tidak bolong-bolong.

1. Berusaha Menjaga Wudhu

Sebelum menjalankan salat, tentu saja kita harus berwudhu agar suci dari hadas besar maupun kecil. Nah cara pertama yang bisa dilakukan agar tidak malas-malasan untuk salat adalah dengan menjaga wudhu, setidaknya untuk salat zuhur, ashar, maghrib, dan isya. Jika kita sudah berniat menjaga wudlu, tentu sayang rasanya bila harus melewatkan salat. Dengan begini juga kita tidak perlu bolak-balik tempat wudhu yang mungkin saja jadi penyebab awal kalian malas salat.

2. Pahami Lagi Manfaat Shalat

Manfaat ini bisa ditinjau dari sisi psikologis dan sisi kesehatan. Dari sisi psikologis, orang yang rajin shalat 5 waktu antara lain memiliki hati yang tenteram, selalu ingat kepada Allah SWT, terhindar dari pikiran keji dan munkar, sabar, dan bersyukur. Dari sisi kesehatan, orang yang rajin shalat lima waktu antara lain mempunyai wajah yang bercahaya, bersemangat, dan tubuh yang sehat.

3. Stop Menunda Shalat

Saat mendengar suara Adzan, berhentilah melakukan sesuatu dan bersiaplah untuk melaksanakan shalat. Jika ditunda-tunda, Anda mungkin lupa karena kesibukan yang tidak ada habisnya. Selain itu, tidak ada jaminan Anda masih hidup saat menunda-nunda shalat tersebut.

4.  Lakukan Secara Bertahap

Rajin tidaknya seseorang melakukan shalat dipengaruhi keimanan dan kebiasaan.

Terkait kebiasaan, Anda bisa melakukan shalat 5 waktu secara bertahap. Sebagai contoh, hari ini Anda melaksanakan shalat Maghrib dan Isya.

Hari berikutnya, Anda melaksanakan shalat Maghrib, Isya, dan Dzuhur. Hari-hari berikutnya tambah lagi jumlah shalat yang dilakukan sehingga Anda bisa melakukan shalat lima waktu setiap hari.

Mengapa dilakukan secara bertahap? Karena itu lebih baik daripada Anda tidak menunaikan shalat 5 waktu sama sekali dalam seharinya. Selain itu, pembentukan kebiasaan butuh waktu yang lamanya bergantung pada invidu masing-masing.

5. Memilih Teman Yang Rajin Shalat

Keberadaannya teman bisa juga membantu Anda untuk rajin shalat. Oleh karena itu, bertemanlah dengan mereka yang rajin shalat 5 waktu. Dengan teman-teman seperti itu, Anda akan diingatkan dan diajak untuk melaksanakan shalat lima waktu jika waktunya telah tiba.

Shalat 5 waktu tidak mudah dikerjakan karena setan selalu menghalangi umat Islam untuk melaksanakan shalat tersebut. Cobalah lima langkah sederhana di atas untuk mengatasi halangan tersebut.

Insya Allah Anda rajin shalat 5 waktu. Jika memungkinkan, bergurulah pada ulama atau ustadz di lingkungan rumah Anda agar Anda menjadi lebih rajin lagi.

 

LAPORAN: RUSDIL FIKRI

Advertisement