Keren! Pemuda dan Pelajar Indonesia di Azerbaijan Perkenalkan Sumpah Pemuda Kepada Mahasiswa Asing

0

BAKU, KataIndonesia.com – Sedikitnya puluhan pemuda dan pelajar Indonesia yang tergabung Persatuan Pelajar dan Pemuda Indonesia di Azerbaijan (P3IA) turut memperingati dan mengenalkan Hari Sumpah Pemuda kepada mahasiswa asing dari berbagai negara seperti, Azerbaijan, Russia, Nigeria, Zimbabwe, Pakistan, China, Iraq, Chad, Peru dan Mauritania.

Peringatan Sumpah Pemuda juga sekaligus bertepatan dengan hari jadi P3IA, Acara di buka dengan memperkenalkan P3IA kepada para mahasiswa, lalu dilanjutkan dengan seminar singkat tentang peran pemuda  dalam menumbuhkan rasa nasionalisme bangsa Indonesia di era penjajahan melalui Sumpah Pemuda.

 

“Kita memperkenalkan semangat pemuda indonesia. Agar kawan-kawan dsini mengetahui rasa sprit nasionalis kita kepada tanah air indonesia,” ucap Kifah Bey Fananie selaku ketua P3IA kepada Kataindonesia.com (29/10).

Tidak hanya seminar sumpah pemuda, Acara menjadi semakin menarik ketika di selingin dengan games permainan tradisional dari Indonesia dan pembagian door prize. Para mahasiswa sangatlah antusias mengikuti acara ini.

“Acara ini sangatlah menarik bagi saya, saya akan selalu mengikuti acara yang di adakan oleh teman2 dari Indonesia, kalian melakukannya dengan sangat baik di Azerbaijan ini” ucap Tatenda Melody Mudara, mahasiswa yang asal Zimbabwe.

Hal senada juga dikatakan oleh Tamima Saleem dan Amama Saleem pelajar asal Pakistan, mereka menilai semangat pemuda Indonesia sangat tinggi dalam memperjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Kami jadi tahu bagaimana semangat pemuda Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mereka dari berbagai daerah yang berbeda-beda, tetapi tetap bersatu demi kemerdekaan Indonesia” ujar Tamima saleem dan Amama Saleem yang berkuliah di Khazar University, Baku, Azerbaijan.

Terlihat para mahasiwa asing begitu lihai memainkan beberapa permainan tradisional Indonesia dan harapan nya acara seperti ini akan menjadi agenda rutin tahunan Persatuan Pelajar dan Pemuda Indonesia di Azerbaijan.

 

LAPORAN: ALIEF (KONTRIBUTOR KATAINDONESIA.COM DI AZERBAIJAN)

Advertisement