JAKARTA, KataIndonesia.com – Indonesia memiliki potensi ikut serta di Piala Dunia 2022 dengan menjadi tuan rumah. Hal tersebut bisa terjadi jika FIFA membatalkan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 karena berbagai masalah. Ketua Umum Rumah Gerakan 98 Bernard AM Haloho mengatakan Indonesia berpeluang menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia Sepak Bola 2022 menggantikan Qatar.

“Ada beberapa faktor yang membuat Indonesia dapat mewujudkan hal itu,” kata Bernard, di Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Bernard melihat perkembangan politik di Qatar dan adanya indikasi kuat keterlibatan Qatar dalam kasus suap bekas Presiden FIFA Slepp Blatter, maka bukan tidak mungkin keputusan itu berubah.

Advertisement

“Bila hal itu terjadi, maka ini adalah kesempatan emas bagi Indonesia untuk mengajukan proposal sebagai Tuan Rumah Pengganti untuk Piala Dunia 2022,” ungkapnya.

Ada beberapa peluang yang membuat Indonesia dapat mewujudkan hal tersebut. Pertama, Piala Dunia 2022 adalah jatah negara Asia sebagai tuan rumah, lalu selanjutnya tentang iklim.

“Antara lain Indonesia memiliki iklim tropis yang tidak terlalu ekstrim dibandingkan negara-negara tadi sehingga peserta Piala Dunia lebih mudah menyesuaikan diri dengan cuaca di Indonesia,” ujar dia.

Faktor lain yang mendukung adalah sepakbola adalah olahraga paling populer di Indonesia. sedangkan di negara lain terdapat cabang olahraga lebih populer sehingga berpotensi mengganggu ritme olahraga secara keseluruhan. “Ini tentu menjadi faktor penting,” tutur dia.

Bernard juga memandang Indonesia sebagai negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia akan memberikan keuntungan secara politis menggantikan Qatar dengan menyampaikan pesan perdamaian dunia Islam melalui sepak bola.

Secara infrastruktur Bernard menyatakan Indonesia memiliki 12 stadion tersebar dari Sumatera hingga Papua yang memenuhi standar internasional berdasarkan penilaian FIFA.

“Jadi hal tersebut sudah mencukupi syarat untuk pelaksanaan Piala Dunia,” ujar Bernard.

Bernard berharap Presiden Joko Widodo menyampaikan penegasan Indonesia siap menjadi tuan rumah dan mengajukan sendiri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 tanpa ketergantungan kepada AFF.

Sebagai catatan nama Indonesia sudah terdaftar sebagai calon tuan rumah di FIFA sejak 2010 yang lalu, namun hingga saat ini belum ada jaminan tujuh kementerian dan institusi setingkat kementerian yang dibutuhkan FIFA untuk menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah.

 

LAPORAN: RUSDIL FIKRI

Advertisement