Jadi Tuan Rumah IMF-WB Selanjutnya, Maroko Contoh Keberhasilan RI

0

JAKARTA, KataIndonesia.com – Gelaran pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) World Bank telah usai. Indonesia disebut sebut berhasil dalam menyelenggarakan event internasional ini.

Pada pertemuan periode 2021 mendatang Maroko akan menjadi negara berikut yang menjadi tuan rumah. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengucapkan selamat atas terpilihnya Maroko.

“Saya ucapkan selamat kepada Maroko sebagai tuan rumah selanjutnya dan segala pesan kebaikan dari Bali,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di Hotel Westin, Nusa Dua, Minggu (14/10/2018).

Ketua Harian Panitia Nasional AM IMF-WB 2018 Susiwijono Moegiarso menjelaskan menteri keuangan Maroko sudah mengajak Sri Mulyani untuk bertemu dan berkonsultasi terkait penyusunan acara.

“Mereka khawatir tidak bisa membuat acara dengan standar sebaik ini, makanya bu Sri Mulyani diajak bertemu oleh menteri keuangannya,” jelas dia.

Selain Maroko, Arab Saudi yang akan menjadi tuan rumah pertemuan G20 tahun depan juga akan belajar dari Indonesia untuk menggelar acara berskala internasional pertemuan yang dihadiri oleh seluruh pemimpin negara di dunia.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengatakan penyelenggaraan pertemuan tahunan ini mendapatkan testimoni-testimoni yang sangat positif dari peserta.

“Semua testimoni yang masuk ke Indonesia, mereka amaze dengan annual meeting ini di Indonesia. Mereka menilai kita melakukan dengan profesional,” kata Dody.

Dia menyampaikan, persiapan yang dilakukan sejak terpilihnya Indonesia pada 2015 lalu dinilai sangat matang dan memberikan hasil yang maksimal.

Menurut Dody hasil dari pertemuan ini diharapkan bisa berkesinambungan dan berjangka panjang. Karena akan ada langkah lanjutan dari negara-negara yang hadir di Bali ini. Dia yakin, suksesnya pertemuan ini membuat Indonesia akan sangat dipandang karena menggelar event berskala internasional dengan sukses.

 

LAPORAN: FAJRIN HAKIM

Advertisement