Jadi Oleh-oleh Lebaran, Keripik Sanjai Bukittinggi Laris Manis

0

BUKITTINGGI, KataIndonesia.com – Selain dikenal sebagai kota wisata, Bukittnggi juga identik dengan oleh-oleh khasnya yaitu keripik sanjai.

Memasuki H+3 lebaran, meningkatnya jumlah wisatawan yang memadati kota jam gadang itu membuat penjualan keripik sanjai ikut laris.

Yuni (17) pramuniaga sebuah kedai kripik sanjai di Bukittinggi menuturkan, meningkatnya jumlah wisatawan ke bukittinggi berbanding lurus dengan meningkatnya penjualan keripik sanjai.

“Dari hari biasa bisa dua kali lipat. Bisa habis 200 bungkus lebih setiap hari kalau lebaran seperti ini,” tuturnya sambil terus mengoles keripik sanjai balado, Senin (18/6).

Ia juga menambahkan, banyaknya yang berjualan keripik sanjai, membuat masing-masing kedai keripik sanjai harus mempunyai ciri khas tersendiri yang membedakan dengan tempat lain.

“Kalau disini tidak pakai pewarna dan pengawet jadi tahannya hanya 46 hari,” tambahnya.

Beragam varian kerupuk sanjai yang mentereng dipinggir jalan Kota bukittinggi pun siap menggoda para pengunjung untuk menghampiri dan menjadikannya buah tangan.

Sejumlah pedagang berjejer menjual beraneka ragam keripik sanjai. Mulai dari keripik sanjai biasa (tawar), keripik sanjai asin, keripik sanjai balado, hingga karak kaliang, batiah, kerupuk kulit dan lain-lain.

Salah seorang pengunjung, Edi yang ditemui haluan saat sedang berbelanja keripik sanjai menuturkan, ketika berkunjung ke bukittinggi ia selalu membeli keripik sanjai.

“Kalau ke bukittinggi biasanya selalu beli keripik sanjai. Sebagai tanda habis dari bukittinggi. Kan kurang lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas Bukittinggi ini,” ujarnya kepada haluan, Senin (18/6).

LAPORAN: MUHAMMAD GIBRAN

Advertisement