Ini 5 Cara Jitu Bangun Personal Branding di Instagram

0

KATAINDONESIA.COM – Instagram kini tidak dijadikan sekadar platform media sosial tempat kamu menunjukkan eksistensi saja. Lebih dari itu, Instagram juga bisa diperlakukan sebagai ‘brand’ tempat kamu mengeksplor diri dan imej yang ingin kamu ciptakan.

Kalian tahu sendiri kan, zaman sekarang banyak banget istilah ‘selebgram’ bermunculan. Mereka adalah contoh dari seberapa apik memperlakukan Instagramnya. Bukan cuma urusan feedestetik saja, ada baiknya Instagram kamu juga punya imbas baik untuk para follower.

Sementara beberapa orang mungkin lebih memilih untuk hidup apa adanya di dunia nyata, namun nyatanya keberadaan media sosial juga bisa berbicara banyak tentang diri kita.

Tidak jarang pula beberapa perusahaan mengintip terlebih dulu profil seorang calon karyawannya di media sosial untuk menilai kepribadiannya sebelum mempekerjakan karyawan tersebut.

Dikutip dari Seventeen, ada lima cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun personal branding di Instagram. Apa saja?

1. Tunjukkan ketertarikanmu

Kamu mungkin sangat antusias terhadap segala hal yang berbau vintage. Maka, kamu bisa saja posting foto ootd mengenakan pakaian vintage, atau menunjukkan beberapa koleksi peninggalan kakek atau orang tua kalian dan mengubahnya menjadi sesuatu yang menarik untuk di-post.

Apapun ketertarikanmu, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas di media sosial yang punya ketertarikan sama denganmu. Jadi, kalian bisa saling memberi pengaruh.

2. Tampilkan foto yang menarik

Kamu tidak perlu peralatan kamera super mahal dan paket Photoshop lengkap untuk mengedit semua foto-fotomu. Sekarang, hanya bermodal smartphone dan beberapa aplikasi edit foto, kamu sudah bisa menghasilkan foto yang menarik.

Jika kamu niat banget untuk buat konten, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang yang cukup mumpuni untuk menghasilkan foto yang baik. Beberapa tutorial di YouTube juga bisa kamu pelajari agar tampilan Instagram kamu lebih menarik lagi. Mulai dari mengedit foto atau video dalam waktu singkat.

3. Posting hal yang positif

Jangan cuma posting foto selfie dengan caption “delete soon” ya, guys. Lebih baik kamu ceritakan hal-hal yang menurut kamu inspiratif dan sebarkan hal yang menggugah kesadaran orang-orang.

Kamu juga bisa memberi tahu followerkamu hal-hal positif yang kamu sukai. Siapa tahu beberapa dari mereka ada yang punya ketertarikan sama denganmu dan kalian bisa saling bertukar referensi. Selain keren, tingkat interaksimu juga jadi lebih baik!

4. Gunakan hashtag

Menggunakan hashtag di setiap postinganmu memungkinkan orang lain melihat itu. Sehingga ada kemungkinan exposure kamu jadi semakin luas.

Kamu juga bisa menyertakan lokasi tempat kamu berfoto sehingga seseorang yang ingin menelusuri lokasi yang sama bisa melihat postinganmu, –atau tidak ada salahnya sesekali kamu menggunakan lokasi dengan nama yang aneh untuk candaan.

5. Jadilah autentik

Jangan sesekali memposting foto tanpa menyertakan siapa kreator atau pemilik aslinya ke Instagram kamu. Hal ini akan membuat kamu dicap seolah kamulah pembuatnya dan jangan remehkan pengetahuan netizen. Selain tidak menghargai karya orang lain, kamu juga akan dicap tidak autentik.

Hal ini mungkin bukan jadi masalah bagi sebagian orang, tapi jika tujuan kamu menjadikan Instagram sebagai sebuah imej, kamu telah melakukan sebuah blunder besar.

 

 

LAPORAN: FAJRIN HAKIM

Advertisement