JAKARTA, KataIndonesia.com – Piala Dunia 2018 akan dimulai pada tanggal 14 Juni 2018 hingga 15 Juli 2018 mendatang di Rusia. Pembagian grup pun sudah dilakukan, sehingga penggila sepakbola pastinya dibuat tidak sabar untuk menanti kompetisi tersebut.

Meski negara-negara besar yang memiliki pemain bintang tidak ikut serta seperti, Belanda, Italia, dan Chile, namun tetap saja kompetisi sepakbola terbesar di dunia selalu dinanti dan menarik untuk disaksikan.

Selain karena banyaknya drama dalam pertandingan, kompetisi ini kerap dijadikan oleh beberapa pesepakbola manapun untuk unjuk gigi agar mereka bisa mendapatkan tim utama di klub yang mereka bela atau agar bisa diminati oleh banyak klub papan atas Eropa.

Tidak hanya itu, bicara kompetisi sepakbola juga tentu hal yang menarik untuk dilihat adalah siapa yang akan menjadi top scores alias pencetak gol terbanyak di ajang Piala Dunia 2018.

Karena biasanya, mereka yang berhasil mendapatkan gelar top scores itu siap menjadi rebutan klub elite Eropa. Kecuali, yang menjadi top scores adalah nama-nama besar yang tentunya sudah menjadi aset atau pemain andalan dalam klub yang mereka bela, seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Lalu siapa sajakah yang berpeluang menjadi top skor Piala Dunia 2018 di Rusia nanti? Berikut Kataindonesia.com mencoba memberikan ulasannya:

1. Cristiano Ronaldo

Dalam dua tahun terakhir, Cristiano Ronaldo selalu hadir untuk bisa memenangkan penghargaan indiviu, baik itu pemain terbaik maupun pencetak gol terbanyak di pentas Eropa.

Meski sejak awal hingga memasuki pertengahan musim 2017/18 ini Ronaldo masih belum dapat menemukan performa terbaiknya bersama klub yang ia bela, Real Madrid, namun bukan berarti keberadaannya untuk menjadi top skor bisa dipandang remeh.

Naluri mantan penggawa Sporting Lisbon ini untuk mencetak gol masih sangat tajam, selain itu pergerakkannya juga masih terbilang lincah dan cepat, meski Ronaldo telah menginjak usia 32 tahun.

Apalagi, di Timnas Portugal juga pemain yang melambungkan namanya bersama Manchester United ini selalu diharapkan menjadi mesin gol bagi negaranya, sehingga kecil kemungkinannya jika Ronaldo tidak dapat meraih gelar individu top scores Piala Dunia 2018.

2. Lionel Messi

Ada Cristiano Ronaldo, maka ada juga rival seterunya dari Timnas Argentina, Lionel Messi. Memang tidak sedikit yang menilai jika Messi tampil kurang cemerlang kala membela negaranya, ketimbang bermain bagi klubnya, Barcelona.

Tapi tunggu dulu, sebelum menilai Messi tidak bisa tampil cemerlang bersama Timnas Argentina di Piala Dunia 2018 nanti. Coba lihat peranan pemain berusia 30 tahun itu kala membawa Tim Tango berjuang di babak kualifikasi.

Kala itu, Argentina sangat, sangat, sangatlah terancam tidak dapat lolos ke Piala Dunia 2018 dan membutuhkan kemenangan hingga laga pamungkas di Kualifikasi Piala Dunia zona CONMEBOL.

Dan Messi tampil sebagai pahlawan kala hattrick-nya ke gawang Ekuador dan berhasil memberikan kemenangan untuk Argentina dengan skor 3-1. Argentina yang semula di posisi keenam langsung ke posisi ketiga.

Sama seperti rivalnya Cristiano Ronaldo di Timnas Portugal, meski Timnas Argentina memiliki banyak pemain tangguh yang dapat mencetak gol, seperti Gonzalo Higuain, Paulo Dybala, Angel Di Maria, dan masih banyak lagi, namun Messi tetap lebih diharapkan dapat mencetak banyak gol di Piala Dunia 2018 nanti.

3. Neymar Jr

Nama Neymar muncul seakan menjadi sosok yang bisa menjadi pemecah dominasi pemain terbaik yang selalu direngkuh oleh Ronaldo dan Messi sekitar 10 tahun terakhir.

Berada dalam usia produktif dan sedang berada dalam performa terbaiknya, Neymar Jr juga dijagokan menjadi top scores Piala Dunia 2018 bersama Timnas Brasil.

Seluruh skuat Timnas Brasil juga pastinya akan membantu pemain megabintang Paris Saint-Germain (PSG) ini untuk bisa mendapatkan gelar tersebut. Terlebih, negara mereka juga tentunya sangat bangga karena ada pemain kebanggaan mereka saat ini menyandang status sebagai pemain termahal dunia.

Memiliki gaya bermain khas sepakbola Tim Samba, serta sering mencetak gol dengan cara yang tak terduga membuat Neymar juga masuk dalam berpeluang besar meraih gelar top scores Piala Dunia 2018.

4. Harry Kane

Harus diakui, meski memiliki kompetisi yang disebut-sebut liga terbaik di dunia, yakni Liga Primer Inggris, namun pada kenyataannya, Timnas Inggris kurang mampu bersinar saat berlaga di level internasional.

Meski demikian, setidaknya mereka kini telah memiliki nama-nama tenar yang pastinya dapat tampil lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Timnas Inggris juga saat ini memiliki striker yang selalu haus gol, yakni Harry Kane. Mempunyai gaya bermain yang agresif, cepat, dan tendangan yang keras membuat Kane pun berpeluang meraih gelar top scores Piala Dunia 2018.

Tidak hanya itu, mesin gol Tottenham Hotspur itu juga mampu mencari ruang tembak serta mencetak gol dengan cara yang terbilang tak terduga. Hal inilah yang membuat Kane patut diwaspadai di ajang Piala Dunia 2018 nanti.

5. Alvaro Morata

Gaya bermain Alvaro Morata memang tidak terlalu agresif jika dibandingkan dengan nama-nama yang telah disebutkan sebelumnya.

Morata juga tidak se-agresif striker-striker Timnas Spanyol sebelumnya, seperti Fernando Torres, Diego Costa, atau Aritz Aduriz. Meski demikian, mantan penyerang Real Madrid ini sangat pintar mencari celah dan melepaskan diri dari penjagaan pemain lawan untuk bisa mencetak gol.

Ya, hal itu ia tunjukkan saat bermain untuk Chelsea di musim 2017/18 ini. Awal kedatangannya, Morata diragukan dapat tampil menggantikan peranan striker utama The Blues sebelumnya, Diego Costa. Terlebih, ia juga menggunakan nomor punggung 9, nomor yang dianggap kutukan di tim London Barat.

Namun, tanggapan itu semua ditepis oleh Morata dengan torehan golnya yang selalu hadir berkat kepiawaiannya dalam mencari celah.

Timnas Spanyol yang memiliki banyak gelandang kreatif pastinya dapat dengan mudah memberikan umpan terukur, karena Morata selalu cerdik untuk memanfaatkan umpan tersebut untuk menjadi gol. Situasi ini juga yang membuat dirinya dapat bersaing merebut gelar top scores Piala Dunia 2018.

Jadi, siapakah pemain favoritmu yang mungkin akan menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2018?.

 

LAPORAN: HAKIM