Ingin Kuliah di Luar Negeri? Pastikan Perhatikan 7 Langkah Persiapan Ini

0

Menjajal pendidikan di negeri orang bukanlah hal yang bisa dianggap enteng. Ada banyak rintangan yang akan dilalui, mulai dari proses belajar sampai budaya hidup yang sudah jelas jauh berbeda dengan negara asal.

Tidak sedikit anak bangsa yang merasa tersiksa sesampainya di negeri orang sebelum akhirnya bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Apabila kamu ingin menjajal sekolah di luar negeri dan diberi kesempatan mewujudkan keinginan tersebut, baiknya jangan pernah sia-siakan karena ada banyak pelajaran berharga yang akan didapatkan disana.

Advertisement

Tapi sebelum impian tersebut terwujud, ada beberapa persiapan penting yang perlu dilakukan agar pendidikan yang akan ditempuh di luar negeri bisa berjalan lancar sesuai ekspektasi.

1. Mencari Universitas yang Sesuai dengan Minat Jurusan

Mencari Universitas yang Sesuaii dengan Minat Jurusan
Sama seperti di Indonesia, jumlah universitas di luar negeri pun sangat banyak, mulai dari universitas dengan rating tertinggi di dunia sampai rating terendah. Namun, tidak semua universitas memiliki akreditasi terbaik di setiap program studi yang dimilikinya.

Cari tahu program studi atau jurusan apa yang kamu minati terlebih dahulu, lalu cari universitas yang memiliki akreditasi baik di jurusan yang dipilih. Misalnya saja, kamu yang menyukai ilmu komputer bisa kuliah di MIT (Massachusetts University of Technology) di Amerika. Sementara kamu yang memiliki hobi di bidang art, fashion, dan design bisa memilih Parsons University di New York, Amerika Serikat dan sebagainya.

2. Siapkan Dokumen Penting yang Diperlukan

Kunjungi website resmi dari universitas yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai mengenai program studi, mekanisme pembelajaran, biaya kuliah, sampai dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat ke universitas tersebut.

Selain itu, jangan lupa juga persiapkan seluruh dokumen penting lainnya yang dibutuhkan, seperti visa dan passport agar kamu lebih tenang sebelum tanggal keberangkatan tiba. Alangkah baiknya, simpan semua dokumen-dokumen penting tersebut didalam sebuah map sehingga tidak mudah rusak dan tetap aman.

3. Mengikuti kursus Bahasa

Bahasa tidak kalah pentingnya yang harus kamu siapkan dengan matang dari jauh-jauh hari jika ingin kuliah di luar negeri. Kamu tentunya tidak mau ketinggalan pelajaran atau mendapat nilai jelek hanya karena terhalang oleh pengetahuan bahasa yang sangat minim.

Mau tidak mau, kamu harus meluangkan waktu untuk mempelajari bahasa yang digunakan di negara tersebut, misalnya Bahasa Inggris jika kamu ingin kuliah di Amerika Serikat, Inggris, Eropa dan sebagainya.

Maka, tidak ada salahnya mengambil kursus bahasa di tempat yang memiliki akreditasi bagus atau kamu bisa belajar sendiri melalui internet. Dengan begitu, selama menempuh pendidikan di luar negeri akan berjalan dengan aman, sebab sudah menguasai bahasa yang digunakan di negera yang akan dituju.

4. Siapkan Biaya Hidup Selama di Luar Negeri

Siapapun tahu kalau biaya hidup di luar negeri itu tidaklah murah. Bayangkan untuk makan siang saja, kamu bisa menghabiskan uang sebesar 5-8 dollar AS yang kalau dirupiahkan bisa mencapai ratusan ribu. Mahal, kan?

Persiapkan budget yang cukup dari jauh-jauh hari agar selama di luar negeri tidak terlantar. Kamu bisa siapkan uang tersebut dalam bentuk tabungan di bank yang hanya bisa cairkan dalam periode tertentu. Selain itu, untuk menambah pemasukan selama tinggal di luar negeri, kamu juga bisa bekerja part time di berbagai macam restoran di sana. Jadi kuliah sembari bekerja agar bisa meringankan beban orang tua.

5. Belajar Hidup Mandiri

Poin ini penting buat kamu yang suka bermanja ria selama tinggal bersama orang tua. Menempuh sekolah di luar negeri tidak seenak menempuh sekolah di dalam negeri karena kamu tidak punya siapa-siapa disana. Maka, tidak ada salahnya untuk mulai belajar hidup mandiri supaya kamu tidak tersiksa selama di negeri orang.

Mulai dari belajar mengatur waktu, memasak, bersih-bersih rumah, hingga belajar merawat diri sendiri agar tidak gampang sakit.

6. Bangun Koneksi

Effort untuk mendapat teman yang sepikiran denganmu sangat sulit, terutama di luar negeri karena kehidupan orang asing pada umumnya individualistis.

Jika kebetulan kakak kelasmu atau teman sepermainan mengemban pendidikan di universitas luar negeri yang sama, jangan sungkan untuk lebih kenal. Tujuannya bukan untuk memanfaatkan, tapi setidaknya kamu punya satu atau dua orang teman untuk ngobrol atau bertukar pikiran sebelum kuliah dimulai.

7. Siapkan Mental untuk Beradaptasi

Mental yang kuat akan memudahkan perjalananmu selama menempuh kuliah di luar negeri, apalagi dengan sikap yang berbeda-beda dari teman-temanmu yang ada disana. Asah mentalmu menyerupai kuatnya baja, sehingga masalah apapun yang akan terjadi selama kuliah bisa dihadapi dengan senang hati tanpa adanya rasa terbebani.

Info Lomba Terbaru