ICF 2018 Baku Azerbaijan Menjadi Bukti Pencak Silat Menuju Olimpiade

0

BAKU, KataIndonesia.com – Menyaksikan penampilan seni bela diri Pencak Silat di Indonesia mungkin jadi hal yang biasa. Namun menyaksikannya di Azerbaijan jadi hal yang sangat luar biasa.

Pemerintah Indonesia melalui Kemenpora mengirim delegasi Pencak Silat untuk Indonesian Cultural Festival (ICF) Baku Azerbaijan  2018.

Dalam ICF 2018 ada sajian yang menarik team Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate berkolaborasi dengan kesenian Reyog Ponorogo dimana kolaborasi ini menambah daya tarik bagi para pengunjung, untuk melihat sport promotion dan Kasanah Budaya Bangsa Indonesia.

Ketua Sanggar Seni Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate, Wisnu Hadi Prayitno mengatakan bahwa bersyukur dapat menjadi bagian dari ICF 2018.

“Kami sangat bangga dan bersyukur menjadi bagian dari perhelatan ICF 2018, dimana kami mewakili Delegasi Pencak Silat Indonesia, dalam kesempatan ini kami mengkolaborasikan Pencak Silat Seni dengan kesenian daerah kami Reyog Ponorogo” ujar Wisnu.

“Kesenian Reyog dan Pencak Silat menjadi satu kesatuan utuh dalam kesenian ini. Dalam kesenian Reyog ada karakter yang bernama WAROK (sebutan untuk laki-laki masyarakat ponorogo) tokoh warok ini terkenal dengan kesaktian dalam olah kanugaran, maka sejak dahulu masyarakat ponorogo tidak lepas dari aktivitas sebagai Pesilat” tambah Wisnu.

Senada dengan Wisnu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Azerbaijan, Husnan Bey Fananie, menjelaskan bahwa sudah saatnya pencak silat menuju pentas dunia yaitu Olimpiade karena di Azerbaijan banyak anak muda yang semangat mempelajari Pencak Silat.

“Saya bangga perkenalkan Silat di Azerbaijan, karena sudah saat nya Silat menuju pentas Olimpiade karena anak muda Azerbaijan suka dengan budaya (Silat) Indonesia. Mereka sudah seperti anak-anak Indonesia dan juga anak saya sendiri,” ujar Husnan

Kedepannya Wisnu berharap Pencak Silat bisa di terima di seluruh dunia, dengan segala ke unikannya, Pencak Silat bisa di pelajari oleh siapapun, karena Pencak Silat mendidik manusia yang berbudi luhur, Pencak Silat tidak hanya hadir di masyarakat internasional tetapi juga akan menjadi salah satu cabang yang di pertandingkan di Olimpiade.

 

LAPORAN: RUSDIL FIKRI

Advertisement