DUKUNG DAN SUKSESKAN ASIAN PARA GAMES 2018

0

Oleh : Arika Fadhilah ( Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon )

KATAINDONESIA.COM – Asian Games 2018 telah usai dengan sukses luar biasa dan menuai banyak pujian baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tidak kalah serunya, sebentar lagi kita akan menyambut Asian Para Games 2018. Seperti pada saat Asian Games, Indonesia diberi kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Para Games 2018. Indonesia merupakan tuan rumah Asian Para Games yang ketiga setelah China pada 2010 dan Korea Selatan pada 2014.

Asian Para Games merupakan Pesta Olahraga Difabel Asia yang sejajar dengan Asian Games sebagai ajang perlehatan olahraga atlet Asia dengan disabilitas. Asian Para Games akan digelar pada 6 – 13 Oktober 2018 di Jakarta, tepatnya di Gelora Bung Karno, Jakarta International Velodrome dan JIExpo.

Pesta olahraga ini akan diikuti sekitar 3.000 atlet penyandang disabilitas dan ofisial dari 42 negara di Asia. Dalam ajang ini, akan dipertandingkan 18 cabang olahraga antara lain panahan, atletik, badminton, boccia, bowling, catur, balap sepeda, goal ball, judo, blowling lapangan, angkat besi, shooting, renang, tenis meja, voli duduk, basket kursi roda, panahan kursi roda, dan tenis kursi roda.

Selama pelaksanaan Asian Para Games, para atlet penyandang disabilitas akan berjuang, berkompetisi menjadi yang terbaik diantara yang terbaik dari masing-masing negaranya. Tentu hal tersebut patut kita hargai dan kita dukung penuh dengan memberikan semangat kepada para atlet, khususnya atlet Indonesia.

Tak hanya dukungan semangat yang kita berikan, namun mari kita bekerja sama untuk menyukseskan terselenggaranya Asian Para Games 2018. Pertandingan para atlet di Asian Para Games akan memberikan semangat tentang perjuangan anak bangsa yang memiliki keterbatasan fisik dalam meraih prestasi di bidang olahraga.

Mereka akan berjuang mengibarkan bendera negaranya masing-masing, mengumandangkan lagu kebangsaannya, dan mengharumkan nama bangsa dan negaranya.
Penyelenggaraan Asian Para Games sejatinya bertujuan untuk mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan yang sejahtera, mandiri, tanpa diskriminasi untuk hidup maju dan berkembang.

Dengan slogan “The Inspiring Spirit Energy of Asia” diharapkan mampu menumbuhkan tekad kuat dan kepercayaan diri para atlet dalam menghadapi segala tantangan baik fisik maupun mental. Selain itu, aksi para atlet dalam perhelatan ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi semua pihak, terutama bagi penyandang disabilitas lainnya.

Pesta olahraga yang dilaksanakan empat tahun sekali ini, tentunya membutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang serta dukungan dari semua pihak. Pemerintah telah melakukan persiapan dengan sungguh-sungguh untuk menyambut event yang sama besarnya dengan Asian Games ini.

Tak hanya pemerintah, semua elemen bangsa yang terlibat baik dari swasta, selebriti, pengusaha, pelajar dan elemen lainnya saling bahu membahu memberikan kontribusi untuk menyuksesakan Pesta Olahraga Asia ini. Besarnya dukungan diiringi doa yang diberikan, akan lebih sempurna dengan pencapaian prestasi para atlet yang akan bertanding di perhelatan besar ini.

Keberhasilan Indonesia dalam pesta olahraga Asian Para Games 2018 tidak hanya dilihat dari banyaknya medali yang diperoleh nantinya, namun juga ditentukan dari suksesnya acara ini dimana seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar sesuai rencana. Indikator lain suksesnya acara ini adalah terpuaskannya para peserta Asian Para Games, khususnya dalam hal pelayanan yang diberikan selama pesta olah raga tersebut berlangsung.

Suatu kebanggaan bagi masyarakat Indonesia, pada tahun ini dapat diberikan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah dua perhelatan besar Pesta Olahraga Asia, Asian Games dan Asian Para Games. Seperti halnya di Asian Games, pada Asia Para Games ini pula mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah tuan rumah yang baik, bangsa yang berprestasi, juara, dan menjunjung tinggi sportifitas.

Menjadi kewajiban kita bersama untuk mendukung dan menyukseskan Asian Para Games 2018 ini.
Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membantu menyukseskan event ini, diantaranya dengan ikut mempromosikan kegaiatan Asian Para Games, memberikan dukungan kepada tim/atlet yang bertanding, mendukung seluruh kebijakan terkait Asian Para Games, menjadi tuan rumah yang santun dan ramah , dan lain bagainya.

Mari kita berikan dukungan yang maksimal dengan datang ke tempat-tempat pertandingan untuk menyaksikan secara langsung dan memberikan semangat kepada atlet yang bertanding. Dengan tetep menjunjung sportifitas, semoga putra-putri terbaik bangsa dapat memberikan hasil yang terbaik. Jayalah para garuda muda Indonesia. Suksesnya Asian Para Games 2018 adalah suksesnya kita semua.

 

Advertisement