Budapest Kota Wisata Termurah di Eropa, Pesta Seharga Rp25 ribuan

0

Eropa bukan cuma Perancis atau Italia saja. Negara-negara di Eropa Timur, seperti Rusia dan Hungaria, juga menarik untuk dikunjungi.

Hungaria sejak beberapa tahun terakhir dikenal sebagai tempat pesta yang murah meriah. Siapa yang tidak ingin berpesta di Eropa dengan segelas bir seharga 465 Hungary Forint (sekitar Rp25 ribu)?

Hingga tahun lalu sebanyak 11 juta turis telah datang ke Hungaria.

Negara ini berbatasan dengan Austria, Slovakia, Rumania, Serbia, Kroasia, Ukraina, dan Slovenia. Jika sedang berkunjung ke salah satu negara tersebut, Budapest bisa dengan mudah dikunjungi dengan pesawat, kereta, kapal sampai perjalanan darat.

Bandara utama di Budapest bernama Bandara Internasional Budapest Franz Liszt. Nama bandara ini diambil dari nama komposer musik legendaris Hungaria, Franz Liszt.

Stasiun kereta utamanya bernama Keleti pályaudvar (Eastern Railway Station), Déli pályaudvar (Southern Railway Station) and Nyugati pályaudvar (Western Railway Station). Kereta antarnegara biasanya berangkat dan pergi dari Keleti pályaudvar.

Jika pilihannya mendarat di bandara, turis bisa menuju pusat kota Budapest dengan perjalanan kereta berdurasi sekitar 15 menit atau perjalanan bus berdurasi sekitar 30 menit.

Budapest berasal dari dua wilayah, yakni Buda dan Pest. Kedua wilayah ini dipisahkan oleh Sungai Danube yang membagi wilayah barat masuk ke Buda dan wilayah timur masuk ke Pest.

Wilayah Buda dan Pest dihubungkan oleh Jembatan Széchenyi yang menjadi ikon kota ini.

Ada 23 distrik di sini yang ditempati oleh 1,7 juta jiwa penduduk. Kota in masih memiliki banyak bangunan kuno bergaya Gotik meski penduduknya sudah berkehidupan modern. Kondisi itu membuat Budapest ditasbihkan sebagai Paris dari Timur.

Tarif angkutan umum di Budapest disebut termurah se-Eropa.

Untuk berkeliling, turis bisa naik bus, trem, kereta atau taksi. Tiga moda transportasi yang disebutkan pertama tarifnya berupa satu harga yakni 353 HUF (sekitar Rp19 ribu) per orang.

Turis sebaiknya membeli Travel Card yang dijual mulai dari harga 1.657 HUF (sekitar Rp89 ribu) per orang dengan masa berlaku sehari. Pilihan masa berlakunya ada yang sampai seminggu jika ingin lebih hemat.

Musim terbaik datang ke sini sekitar bulan Mei (menjelang musim panas) dan bulan September sampai November (menjelang musim gugur). Di “musim-musim menjelang” ini turis belum banyak berdatangan.

Gimana, tertarik bukan wisata murah ke Budapest?

Laporan: Fajrin Hakim