Blusukan Jokowi, Mengecek Stabilitas Harga Bahan Pokok

0

Oleh : Randi Nugraha (Pengamat Ekonomi)

KataIndonesia.com – Seringnya blusukan ke pasar bukan karena Presiden Jokowi terpancing kritikan yang dilontarkan Sandiaga Uno tentang isu kenaikan harga bahan pokok di pasar tradisional. Jokowi ingin mengecek secara langsung stabilitas harga ke pasar pasar tradisional. Blusukan ke masyarakat adalah cara Jokowi mendengarkan secara langsung aspirasi yang ingin disampaikan masyarakat karena pemimpin yang baik adalah mereka yang mau mendengarkan masukkan, pendapat, ide dan gagasan orang lain. Jokowi juga selalu ingin dekat dengan masyarakat karena pemimpin harus menjadi pengayom bagi rakyatnya.

Kunjungan Jokowi ke pasar tradisional sekaligus menjawab tudingan Sandiaga mengenai kenaikan harga bahan pangan. Misalnya, komoditas yang sering disinggung harganya adalah tempe.

Advertisement

Sandiaga hanya menyebut harga bahan pangan terus mengalami peningkatan berdasarkan temuan di pasar tanpa melihat data secara keseluruhan. Tudingan tersebut dapat berdampak negatif, yaitu memojokkan para pedagang dan membuat pedagang pasar tradisonal menjadi cemas akan terjadinya pergeseran minat masyarakat dari belanja di pasar tradisional menjadi belanja ke mall atau supermarket yang harganya lebih pasti.

Isu mahalnya harga bahan pokok yang kerap dikritisi Sandiaga Uno berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat di pasar tradisional. Hal tersebut menyebabkan petani maupun penjual menjadi menderita karena hasil penjualan mereka yang menurun. Sandiaga disebut terlalu berlebihan jika mengatakan tempe setipis ATM karena harga kedelai mahal padahal angka inflasi akhir tahun 2018 hanya sebesar 3,5%. Meskipun terdapat kenaikan harga, angkanyapun tidak terlalu tinggi alias masih dalam batas kewajaran. Sebaliknya apabila harga pangan naik, petani sebenarnya akan diuntungkan.

Dalam blusukannya, Jokowi menanyakan harga bahan pangan kepada satu per satu pedagangan yang ia temui. Mulai dari harga telur ayam, daging ayam, daging sapi, beras, bahkan tempe. Hasilnya, harga bahan bahan tersebut cenderung stabil dan ada beberapa bahan pangan yang malah turun harga. Pemerintah saat ini juga sedang berupaya menjaga stabilitas harga bahan pangan.

Sudah menjadi kewajiban seorang pemimpin untuk mengayomi dan memberikan ketenangan pada rakyatnya. Bukan memunculkan kecemasan apalagi menurunkan minat daya beli masyarakat yang itu merugikan banyak pihak. Oleh sebab itu, harusnya pihak yang menyatakan harga bahan pangan agar sering mengecek langsung harga bahan pokok ke pasar tradisional.

Banyak capaian dan prestasi yang telah diraih pemerintahan saat ini, maka sangat aneh apabila banyak capaian yang diraih namun masih ada beberapa kelompok kepentingan menyerang dengan berbagai kritikan tajam tanpa melampirkan data sebenarnya dan hanya kepentingan politik dengan tujuan untuk mendiskreditkan pemerintah.

 

Info Lomba Terbaru