JAKARTA, KataIndonesia.com – Real Madrid harus menelan pil pahit saat menjalani laga pekan ke-17 Liga Spanyol dengan menjamu Barcelona di Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12/2017) malam WIB. Di depan pendukungnya sendiri, Madrid harus menerima kekalahan 0-3 dari Barcelona.

Padahal, kedua tim sama-sama sulit memecahkan kebuntuan di babak pertama dan skor kaca mata menutup laga di 45 menit pertama. Sementara di babak kedua, nama Luis Suarez, Lionel Messi, dan Aleix Vidal berhasil tercatat di papan skor.

Zidane Pastikan Cristiano Ronaldo 100% Bugar untuk El Clasico
Kekalahan ini juga diterima Madrid setelah mereka bermain dengan 10 orang pemain setelah Daniel Carvajal diganjar kartu kuning karena menghentikan bola secara sengaja menggunakan tangannya.

Advertisement

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Real Madrid mulai memberikan ancaman di menit pertama babak pertama. Kali ini sundulan Cristiano Ronaldo melambung di atas mistar gawang dan setelahnya penggawa asal Portugal itu terjebak dalam posisi offside.

Di menit 10, Tony Kroos kembali memberikan ancaman. Kali ini Kroos kembali menjadi creator terciptanya peluang bagi Los Blancos –julukan Madrid. Sayangnya, Ronaldo yang menjadi target belum mampu membobol gawang dan bola bergulir tipis di sisi gawang.

Di menit 18, Barca mulai memberikan ancaman kepada lini belakang Madrid yang dikawal oleh Sergio Aguero. Kerja sama dari Sergi Roberto dan Paulinho sempat membuat Luis Suarez memiliki kesempatan untuk membawa tim Catalunya itu unggul.

Beruntung bagi Madrid. Casemiro berhasil memotong umpan kepada Suarez. Memasuki menit 20, kedua tim sama-sama melancarkan beberapa serangan mematikan. Namun kedua tim belum mampu mengubah skor imbang 0-0 di pertengahan babak pertama ini.

Di menit 30, umpan brilian hadir untuk Barcelona. Melalui pergerakan yang dilakukan oleh Lionel Messi, ia berhasil menerobos pertahanan El Real –julukan lain Madrid. Beruntungnya, Keylor Navas mampu memblok tendangan yang dilakukan oleh penggawa Barcelona itu.

Di menit 34, CR7 –julukan Ronaldo– kembali memiliki peluang. Kali ini usaha pemain berusia 32 tahun mendapat hadangan setelah umpannya yang diberikan kepada Karim Benzema mampu diblok oleh Pique.

Di menit 39, Messi kembali memberikan ancaman kepada Madrid. Sayangnya usaha pemain asal Argentina itu belum bisa mengubah skor 0-0. Peluang itu menjadi peluang emas yang dihadirkan Messi untuk Barcelona begitu juga dengan Madrid.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Barcelona mulai bermain lebih terbuka. Buktinya adalah gol yang dicetak oleh Suarez di menit 54. Suarez menyumbangkan gol pertama bagi Barca setelah menerima umpan dari Sergi Roberto.

Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Blaugrana. Setelah unggul, Barcelona makin memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi. Buktinya adalah peluang yang diciptakan oleh Messi di menit 57. Sayangnya peluang ini tak mampu dimaksimalkan oleh Suarez sempat menjadi targetman.

Di menit 64, Madrid semakin terpuruk. Daniel Carvajal diusir keluar lapangan setelah dianggap sengaja menghentikan bola dengan tangannya. Dengan demikian, Barcelona mendapatkan hadiah penalti.

Messi ditunjuk sebagai algojo dan sukses menuntaskan tugasnya dengan sangat baik. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Barcelona. Di menit 69, Messi yang telah mengoleksi satu gol dalam pertandingan tersebut juga kembali menebar ancaman. Sayangnya blok yang dilakukan oleh Navas terbilang cukup baik.

Setelah tertinggal 0-2, Madrid mulai kembali membangun serangan. Kali ini peluang kembali datang untuk kubu El Real. Marco Asensio yang mendapatkan kesempatan, bola tendangannya hanya membentur Sergi Roberto. Sempat dianggap mengenai tangan Sergi Roberto namun wasit tak menganggap itu sebuah pelanggaran.

Di menit 78, Modric datang dari sisi kanan area pertahanan Barcelona. Sayangnya umpan yang dikirimkan kepada Gareth Bale mampu diamankan dengan baik oleh Ter Stegen. Tak lama, Barcelona kembali melakukan penyelamatan agar gawangnya tak kebobolan.

Lagi-lagi Ter Stegen yang menjadi pahlawan setelah menggagalkan usaha kedua dari Bale. Di menit 80, Madrid yang kini melakukan penyelematan gemilang. Umpan yang diberikan oleh Messi ke tengah lini pertahanan Madrid mampu diamankan dengan baik oleh Navas.

Di menit 83, Madrid kembali gagal memanfaatkan peluang. Kali ini Ramos yang gagal menanduk bola umpan dari Ronaldo bahkan pemain belakang Timnas Spanyol itu tengah dalam posisi offside. Di menit 88, Navas kembali menjadi pahlawan bagi Madrid.

Kali ini, pemain berkebangsaan Kosta Rika itu sukses menghalau tendangan La Pulga –julukan Messi. Di menit tambahan waktu, Barcelona yang agaknya telah di atas angin mampu menambah keunggulan mereka menjadi 3-0.

Messi menjadi creator terciptanya gol ketiga bagi Barcelona. Umpannya mampu dimaksimalkan dengan baik oleh Aleix Vidal di menit terakhir waktu tambahan. Dengan demikian, Barcelona berhasil memastikan kemenangan dengan skor 3-0 atas tuan rumah, Madrid.

Info Lomba Terbaru