Arab Saudi – Vatikan Tandatangani Pernjajian Soal Pembangunan Gereja

0

JAKARTA, KataIndonesia.com – Arab Saudi telah menandatangani perjanjian dengan Vatikan untuk membangun gereja bagi warga Kristen di Arab Saudi.

Dilansir di Aljazirah, media daring Mesir Independent melaporkan perjanjian itu disetujui pada saat kunjungan Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama Vatikan, Jean-Louis Tauran. Dia berkunjung ke kerajaan Arab Saudi pada April lalu. Namun belum bisa diverifikasi secara independen oleh Aljazirah mengenai isi perjanjian itu.

Dalam sebuah wawancara dengan Vatikan News, Tauran menegaskan sebuah deklarasi telah ditandatangani yang membuka jalan bagi dialog lebih lanjut. Namun Tauran tidak menyebutkan  perihal perjanjian pembangunan gereja di masa depan di Arab Saudi.

Pada April lalu, Tauran mengunjungi Kerajaan Arab Saudi. Dia bertemu dengan pejabat tingkat tinggi termasuk Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud pada kunjungannya itu.

“Selama pertemuan, saya sangat menekankan pada titik ini, bahwa orang Kristen dan non-Muslim dibicarakan dengan baik di sekolah dan bahwa mereka tidak pernah dianggap warga kelas dua,” kata Tauran kepada Radio Vatikan setelah kepulangannya.

Laporan pertemuan rahasia antara pejabat Vatikan dan orang-orang dari kerajaan Saudi telah beredar mengenai pembangunan tempat ibadah. Diketahui, Arab Saudi saat ini melarang praktik agama selain Islam.

Pertemuan ini tampaknya hanya satu dalam sejarah panjang negosiasi dan pembicaraan perdamaian antara komunitas Muslim dan Kristen. Seperti Paus Tawadros II, Paus Gereja Ortodoks Koptik Alexandria yang bertemu dengan Bin Salman pada awal Maret. Paus Koptik tidak memiliki apa pun kecuali pujian untuk pangeran muda Saudi, yang katanya mewakili cara berpikir yang terbuka dan modern.

“Kunjungan Pangeran Mahkota Saudi sangat menyenangkan. Dan saya sangat terkesan dengan kepribadian dan senyumnya, serta pengetahuan dan pemahamannya tentang sejarah dan kejadian terkini,” kata Paus.

SHARE
Previous articleMegawati Dukung Jokowi-JK Angkat Bidan PTT Jadi PNS
Next articleAliansi Perempuan Peduli Indonesia Ajak Masyarakat Membangun Ketahanan Keluarga
Kata Indonesia
Kata Indonesia (kataindonesia.com) adalah sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, Kata Indonesia hanya mempunyai edisi daring yang berusaha menjadi salah satu situs berita yang penyajiannya fokus untuk informasi-informasi positif. Situs berita ini, menyediakan berbagai macam berita yang terjadi baik itu berita lokal, nasional, hingga internasional secara aktual.