Ahmad Dhani Siap Dimasukan Penjara Selama 1,5 Tahun

0

Sidang kasus dugaan ujaran kebencian dengan terdakwa Ahmad Dhani kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Dalam pembacan vonis, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis Ahmad Dhani dengan 1,5 tahun penjara. Hal tersebut dinilai karena Dhani terbukti menyebarkan informasi yang menimbulkan rasa kebencian kepada kelompok tertentu berdasarkan atas suku agama ras dan antar golongan (SARA).

“Menyatakan, terdakwa Ahmad Dhani terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyuruh melakukan dan menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan yang dituju pada kelompok masyarakat tertentu,” kata Hakim Ratmoho saat membacakan putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (28/1/2019).

Advertisement

“Dan menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Ahmad Dhani selama 1 tahun enam bulan,” sambungnya.

Dalam pertimbangannya, hakim menyebut sejumlah hal yang meringankan hukuman salah satunya karena Dhani sebelumnya tidak pernah dihukum.

“Yang bersangkutan juga berkelakuan baik selama masa persidangan,” ujarnya.

Putusan ini lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan yang dilayangkan oleh Jaksa Penuntut Umun dalam sidang tuntutan beberapa waktu lalu. Dhani saat sidang tuntutan itu dituntut dua tahun penjara oleh JPU.

Info Lomba Terbaru