5 Gunung Cantik untuk Pendaki Pemula

0

KATAINDONESIA.COM – Beberapa tahun terakhir mendaki gunung menjadi kegiatan yang sangat diminati oleh pemuda-pemuda masa kini. Keindahan alam Indonesia yang sangat indah dan cantik menjadi alasan kegiatan tersebut banyak digemari.

Banyak sekali gunung di Indonesia yang bisa kalian jadikan tujuan mendaki. Namun, ada baiknya jika kalian belum pernah melakukan kegiatan ini, atau baru pertama kali, sebaiknya memilih gunung yang mempunyai jalur yang tidak terlalu sulit dan mudah untuk dilewati.

Berikut adalah lima gunung di Indonesia yang mempunyai jalur ramah untuk pemula. Bisa juga kalian gunakan untuk latihan sebelum mendaki ke gunung yang mempunyai jalur yang lebih menantang.

1. Gunung Prau

Gunung Prau terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia. Puncak tertinggi gunung ini adalah 2.565 mdpl, untuk mencapainya kalian harus berjalan selama 3 jam saja. Jalur yang bersahabat untuk pendaki pemula.

2. Gunung Papandayan

Papandayan berada di Provinsi Jawa Barat dengan ketinggian 2.265 mdpl. Perjalanan kurang lebih selama 5 sampai 6 jam. Kalian akan disuguhkan dengan keindahan alam Jawa Barat yang sangat menakjubkan.

3. Gunung Batur

Berada di Bangli, Gunung Batur memiliki ketinggian 1.717 mdpl. Lama perjalanan sekitar 3 jam, dengan medan batu dan pasir. Dari puncaknya, kamu dapat menikmati tiga gunung sekaligus. Yaitu Gunung Abang, Gunung Agung, dan Gunung Rinjani.

4. Gunung Ijen

Gunung untuk pendaki pemula berikutnya berada di Kabupaten Banyuwangi dan memiliki ketinggian 2.443 mdpl. Untuk menuju puncaknya kalian akan membutuhkan waktu selama 4-5 jam. Jangan khawatir, karena sesampainya kalian di puncak, pemandangan yang indah akan menghilangkan rasa lelah yang kalian alami.

5. Gunung Andong

Gunung Andong adalah sebuah gunung bertipe perisai di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung Andong terletak di antara Ngablak dan Tlogorjo, Grabag dan berketinggian sekitar 1.726 mdpl. Lama perjalanan menuju puncak kurang lebih selama 1-2 jam saja.

Nah, kelima gunung di atas wajib dicoba pendaki pemula. Namun ingat, walaupun jalur pendakiannya yang tidak terlalu sulit, kalian juga tetap harus menjaga keselamatan dan melakukan persiapan yang matang sebelum melakukan pendakian.

 

LAPORAN: ANDI RISTANTO

Advertisement